PENERAPAN MODEL KOOPERATIVE TYPE TIPE TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP

Hia, Yasifati and Siregar, Muhammad Shaoqi (2015) PENERAPAN MODEL KOOPERATIVE TYPE TIPE TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP. Jurnal Generasi Kampus, 08 (01). pp. 120-133. ISSN ISSN 1978-869X

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Subjek siswa Kelas VIII-2 SMP Swasta Eria Medan yang berjumlah 35 orang Tahun Ajaran 2013/2014. Objek penelitian adalah kemampuan komunikasi matematik siswa melalui Penerapan Model pembelajaran think-talk-write (TTW) pada materi Teorema Phytagoras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Model TTW pada materi Teorema Phytagoras dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan, pada pemberian tes awal dari 35 siswa hanya sebanyak 12 siswa (34,28%) yang mencapai nilai ³65 dengan nilai rata-rata kelas 50. Setelah diberi tindakan, Tes Kemampuan Komunikasi Matematik I pada siklus I, dari 35 siswa sebanyak 19 siswa (54,28%) mencapai nilai 65 dengan nilai rata-rata kelas 65,58. Dari analisis data Tes Kemampuan Komunikasi Matematik II pada siklus II diperoleh bahwa dari 35 siswa terdapat 32 siswa (91,42%) yang mencapai nilai 65 dengan nilai rata-rata kelas 77,12. Dari hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus I, termasuk kategori baik dengan skor 3,38 dan pada siklus II, kemampuan mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik dengan skor 3,52. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan komunikasi matematik siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematik; Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Talk write; Kemampuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Aug 2017 10:11
Last Modified: 24 Aug 2017 10:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25906

Actions (login required)

View Item
View Item