PENGARUH PENGALAMAN PPL DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 FE UNIMED TAHUN AJARAN 2016/2017

Andari, Puji (2017) PENGARUH PENGALAMAN PPL DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 FE UNIMED TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 TABLE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7132141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya minat menjadi guru” pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 T.P 20162017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman PPL dan informasi dunia kerja berpengaruh terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FE UNIMED Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 yang terdiri dari 3 kelas Reguler dan 2 kelas Ekstensi yang berjumlah 175 mahasiswa dan sampel berjumlah 121 mahasiswa yang diambil dengan teknik random sampling dengan cara undian. Teknik pengambilan data menggunakan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Hasil perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS 21 diperoleh persamaan regresi Y= 14,567 + 0,409 X1+ 0,497 X2 + e. Hasil uji t (parsial) menunjukkan pengalaman PPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai t_hitung > t_tabel yakni 4,786 > 1,664 pada taraf signifikan 95% dan α 0,000 < 0,05. Dan informasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai t_hitung > t_tabel yakni 4,818 > 1,664 pada taraf signifikan 95% dan α 0,000 < 0,05. Hasil uji f (simultan) bahwa pengalaman PPL dan informasi dunia kerja berpengaruh secara simultan yang memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dengan nilai f_hitung> f_tabel yakni 28,223 > 3,12 pada taraf signifikan 95% dan α 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 32,4% bahwa perubahan minat menjadi guru dipengaruhi oleh pengalaman PPL dan informasi dunia kerja dan sisanya 67,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pengalaman PPL dan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNugrahadi, Eko Wahyu196407031991031005
Call Number: SK-2017 EKO 046
Keywords: Pengalaman PPL; Informasi dunia kerja; Minat menjadi guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Aug 2017 13:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25889

Actions (login required)

View Item View Item