date many nilai posttest tujuan taken tapanuli conventional diterima mengetahui classe universita masing used pengaruh berbentuk dibanding average experiment model ttabel only type tvalue problem setelah tinggi homogen tiga sedangkan berlokasi people outcome education pengambilan population test state thitung dilakukan deviasi seluruh question terhadap bahwa teknik normal jeni taught dilaksanakan pada kab penilitian soal sampling werw skripsi clas value secara lhitung bedasarkan low dua while terdiri ekonomi adalah based dimana berjumlah berarti result keyword pendidikan alpha student rendahnya wa untuk sebanyak accepted belajat against negeri deviation dan amounted analysi learning medan purpose research ftabel than siswa measure department kunci uji program berdistribusi economic diambil all lvalue taraf populasi AE dengan significantly data total jurusan ltable tahun after STAD orang control menggunakan jln hasil rata hipotesi konvensional know atau disimpulkan yang dapat 7133141040 ttable yaitu dalam academic instrument using multiple lebih utara diperoleh conducted hanya signifikan sampel penelitian diajar three sebagai belajar normally postest maka university higher distributed 2016 irwanto two tarutung achievement permasalahan each ABSTRACT 2017 dari significant technique pembelajaran ftable mengukur IPS kontrol obtained kata disbanding fvalue economy concluded studi kec situmorang fhitung choice SMA digunakan probability mean testing kela metode pengujian homogeneou level division eksperimen method effect faculty ltabel year pilihan ABSTRAK standard ini berganda analisi consisting pretest jumlah fakulta team berdasarkan hypothesi experimental standar te