ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SMA NEGERI HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI KECAMATAN BILAH HULU

Martasari, Nurdina (2017) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SMA NEGERI HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI KECAMATAN BILAH HULU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 3132131014 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 3132131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 3132131014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 3132131014 AUTHENTIC LETTER.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 3132131014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 3132131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 3132131014 TABLES.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 3132131014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 3132131014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 3132131014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 3132131014 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. 3132131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Keadaan manajemen berbasis sekolah SMA Negeri di Kecamatan Bilah Hulu. (2) Keadaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di Kecamatan Bilah Hulu. (3) Hubungan antara penerapan manajemen berbasis sekolah SMA Negeri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di Kecamatan Bilah Hulu. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri di Kecamatan Bilah Hulu tahun 2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perangkat sekolah SMA Negeri Bilah Hulu yang terdiri 2 orang kepala sekolah, 9 orang tenaga administrasi, 73 orang guru dan 191 orang siswa kelas XI IPS yang berjumlah 275 orang. Sedangkan sampel ditentukan secara purposive sampling atau sampel secara sengaja yakni 2 orang kepala sekolah, 9 orang tenaga administrasi, 37 orang guru, dan 48 orang siswa yang berjumlah 96 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keadaan penerapan manajemen berbasis sekolah SMA Negeri di Kecamatan Bilah Hulu dari 7 indikator secara keseluruhan sudah tergolong cukup baik dengan rata-rata 2,93 (73,25%) yang terdiri dari manajemen kurikulum dan program pengajaran rata-rata 3,70 (92,42%), manajemen tenaga kependidikan dengan rata-rata 3,21 (80,13%), manajemen kesiswaan rata-rata 3,40 (84,77%), manajemen keuangan rata-rata 3,54 (88,45%), manajemen sarana dan prasarana pendidikan rata-rata 3,67 (91,67%), manajemen pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat dengan rata-rata 2,97 (74,13%) serta manajemen pelayanan khusus rata-rata 3,37 (84,27), (2) Keadaan hasil belajar mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Bilah Hulu yang memiliki nilai di bawah KKM 78 dengan persentase 45,83% sedangkan yang memiliki nilai di atas KKM dengan persentase 54,17%. (3) Ada hubungan signifikan antara penerapan manajemen berbasis sekolah SMA Negeri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di Kecamatan Bilah Hulu. Hal ini dibuktikan rhitung = 0,328 > rtabel = 0,291 maka selanjutnya diperoleh thitung= 2,336> ttabel=2,013 pada taraf signifikansi 95% atau alpha 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Muhammad196010141985031001
Call Number: SK-2017 GEO 046
Keywords: Manajemen berbasis sekolah; Manajemen tenaga kependidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Aug 2017 15:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25843

Actions (login required)

View Item View Item