many nilai implementation mengetahui universita subject private menunjukkan used church peningkatan refleksi average akuntansi sitompul model problem jasa sedangkan jalan study classroom people number outcome contextual education observation gereja test HKBP state teaching siklu increase score inductive bahwa teknik applying dilaksanakan tindakan pada student' sidikalang clas tahap value pengumpulan accounting perencanaan swasta city low dua company through while terdiri penerapan ekonomi masalah adalah tunta dimana berjumlah result keyword pendidikan collection reflection student rendahnya wa untuk sebanyak improvement financial negeri dan amounted analysi treatment indikator learning medan strategy research laporan beralamat improve kualitatif application determine siswa meningkatkan department kunci program statement economic kota located subjek dengan data total merupakan jurusan 7131142046 tahun get orang hasil rata quantitative showed complete disimpulkan yang dapat stage consist planning yaitu dalam indicator street menerapkan diperoleh sebelum conducted service penelitian SMK melalui sebagai belajar namely university kuantitatif competence 2016 two each NIM ABSTRACT 2017 observasi dari kompetensi technique pembelajaran memperoleh completed sikripsi aim bertujuan obtained kata concluded studi yanna digunakan dasar kela induktif who qualitative cycle faculty PTK strategi ABSTRAK ini perlakuan before analisi perusahaan consisting setiap keuangan jumlah fakulta basic pelaksanaan first te II action