PENGARUH PENGEMBANGAN PROFESIONALISME DAN KINERJA DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI FKIP UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR

Nababan, Wesly (2007) PENGARUH PENGEMBANGAN PROFESIONALISME DAN KINERJA DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI FKIP UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045030478 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045030478 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045030478 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 045030478 Abstrak.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 3. 045030478 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 045030478 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045030478 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 045030478 Bab I.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[thumbnail of 5. 045030478 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 045030478 Bab V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 6. 045030478 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 045030478 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) sejauhtnana pengaruh pengembangan profesionalisme terhadap prestasi belajar mahasiswa,(2) sejauhmana pengaruh kinerja dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa.(3) sejauhmana pengaruh pengembangan profesionalisme dan kinerja dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan tujuan di atas di rumuskan hipotesis sebagai berikut:(1) terdapat pengaruh pengembangan profesionalisme dosen terhadap prestasi belajar.(2) terdapat pengaruh kinerja dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa.(3) terdapat pengaruh pengembangan profesionalisme dosen dan kinerja dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa.Penelitian ini dilakukan di FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dengan populasi seluruh mahasiswa pada semester V (lima) sejumlah 328 orang. Sampel sejumlah 175 orang ditarik berdasarkan tehnik stratified random sampling. Angket sebagai instrumen yang terdiri dan 50 soal pilihan berganda untuk pengembangan profesionalisme dan 40 soal pilihan berganda untuk kinerja dosen yang disebarkan kepada seluruh sampel, sehingga diperoleh seperangkat data. Data ini diolah menggunakan rumus Cronbachs Alpha dengan bantuan program komputer.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan profesionalisme dosen memberikan pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa sebesar 42,20%, kinerja dosen memberikan pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa sebesar 43,60% dan secara besama-sama pengembangan profesionalisme dan kinerja dosen memberi pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa sebesar 61,60%. Untuk tingkat kecenderungan pengembangan profesionalisme dosen sebesar 73,34% (sedang), kinerja dosen sebesar 80.825% (tinggi) dan prestasi belajar mahasiswa sebesar 38,28% (rendah).Implementasi hasil penelitian ini perlu kebijakan untuk membekali dan meningkatkan pengembangan profesionalisme dan menstimulus kinerja dosen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378.124 Nab p
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme; Kinerja dosen; Pendidikan; Pengajaran; Karya ilmiah; Penelitian; Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1805 State teachers colleges
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Jun 2016 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2581

Actions (login required)

View Item
View Item