PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SEI RAMPAH

Simanjuntak, Dalvin Roy (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SEI RAMPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. 5123122007 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. 5123122007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. 5123122007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. 5123122007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. 5123122007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. 5123122007 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. 5123122007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. 5123122007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. 5123122007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5123122007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 5123122007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Sistem Rem dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Together dikelas XI SMK Negeri 1 Sei Rampah, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Sistem Remdengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 yang berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 64 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes Sistem Rem. Persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada materi Sistem Rem pada kelas eksperimen (menggunakan Model pembelajaran Cooperative Learning Together ) diperoleh nilai rata- rata sebesar 78,13 dan standar deviasi 6,30 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup sebesar 46,31% dan tinggi sebesar 56,25%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan Model Pembelajaran Konvensional) diperoleh nilai rata-rata 65,10 dan standar deviasi 6,80 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 84,3% dan tinggi sebesar 15,62%. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 25,54 dengan ttabel pada dk 62 yaitu sebesar 1,67. Maka thitung> ttabel yaitu (25,54>1,67), yang artinya bahwa Hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh Model pembelajaran Cooperatif Learning Together terhadap hasil belajar Sistem Rem pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sei Rampah diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMudjisusatyo,, Yuniarto1965506041990031004
Call Number: SK-2017 OTM 022
Keywords: Model Pembelajaran; Cooperative Learning Together; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 11:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25803

Actions (login required)

View Item View Item