PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.P 2016/2017

Andini, Fika Juli (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131121013 COVER_doc.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131121013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131121013 RIWAYAT HIDUP_doc.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131121013 ABSTRAK_doc.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131121013 KATA PENGANTAR_doc.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131121013 DAFTAR ISI_doc.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131121013 DAFTAR TABEL_doc.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131121013 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131121013 DAFTAR LAMPIRAN_doc.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4131121013 BAB I_doc.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4131121013 BAB V_doc.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4131121013 DAFTAR PUSTAKA_doc.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan aktivitas pemecahan masalah siswa pada materi pokok suhu dan kalordi kelas Xsemester IISMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X-MIA semester II SMA Hamparan Perak T.P. 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning dengan jumlah 36 orang siswa, dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran langsung dengan jumlah 33 orang siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa essay tes sebanyak 7 soal dan aktivitas pemecahan masalah siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari analisa data untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 25,06 dengan standar deviasi 5,099 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 23,09 dan standard deviasi 5,87. Kemudian dilakukan uji t dua pihak pada data pretes dan diperoleh nilai thitung 1,32 dan nilai ttabel 1,99 yang menunjukkan bahwa thitung < ttabel maka dapat di simpulkan bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan, pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata postes 65,35 dengan standar deviasi 9,92 dan pada kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung diperoleh nilai rata-rata postes 58,18 dengan standard deviasi 9,68. Kemudian dilakukan uji t satu pihak pada data postes dan diperoleh nilai thitung 3,06 dan nilai ttabel 1,66, yang menujukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2016/2017. Selama proses pembelajaran, diperoleh nilai rata-rata aktivitas pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen adalah 79,28 termasuk dalam kriteria aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWahyuni, .Ida196401181996032001
Call Number: SK-2017 FIS 175
Keywords: Model Problem Based Learning,Aktivitas Pemecahan Masalah, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 11:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25791

Actions (login required)

View Item View Item