ANALISIS KESESUAIAN MATERI PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA DENGAN KOMPETENSI DASAR PADA SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP KURIKULUM 2013 (EDISI REVISI)

Nasution, Atika Sadariah (2017) ANALISIS KESESUAIAN MATERI PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA DENGAN KOMPETENSI DASAR PADA SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP KURIKULUM 2013 (EDISI REVISI). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2131111009 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2131111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2131111009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2131111009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2131111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2131111009 TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2131111009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2131111009 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2131111009 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2131111009 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi pada buku teks bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar pada silabus bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013 (edisi revisi) dengan indikator penilaian pada aspek relevansi, konsistensi, dan kecukupuan materi. Objek penelitian ini adalah buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP Kurikulum 2013 (edisi revisi). Instrumen penelitian ini adalah lembar penilaian kesesuaian materi dengan Kompetensi Dasar pada silabus.Buku yang dianalisis adalah buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013 (edisi revisi) yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 (edisi revisi). Buku teks bahasa Indonesia ini memiliki kriteria sangat baik untuk dijadikan guru sebagai bahan ajar yang akan diajarkan dan digunakan pada saat kegiatan pembelajaran. Berdasarakan hasil analisis kesesuaian tersebut memiliki kriteria yang sangat baik karena kesesuaian materi pada buku teks bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar secara keseluruhan skor indikator penilaian pada aspek relevansi 91,66% termasuk kriteria sangat baik, aspek konsistensi 86,9% dan 96,42% termasuk kriteria sangat baik, dan pada aspek kecukupan termasuk kriteria sangat baik 96,42% termasuk kriteria sangat baik dan 96,42% termasuk kriteria sangat baik. Dengan demikian kesesuaian materi pada buku teks bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar pada silabus kelas VII SMP kurikulum 2013 (edisi revisi) berdasarkan aspek relevansi, konsistensi, dan kecukupan termasuk dalam kriteria sangat baik. Artinya, buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUmar,, Azhar196006111985031002
Call Number: SK-2017 IND 070
Keywords: Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia, Kompetensi Dasar, Relevansi, Konsistensi, Kecukupan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P321 Etymology
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 10:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25776

Actions (login required)

View Item View Item