MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017

Pratiwi, Rizky Ayu (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133311049_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133311049_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133311049_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133311049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133311049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133311049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133311049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133311049_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133311049_BAB I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133311049_BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133311049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA materi penggolonggan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SD Negeri 101771 Tembung dengan menggunakan model pembelajaran Round Club. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket digunakan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran yang digunakan, disenangi atau tidak oleh siswa, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan kegiatan belajar mengajar berlangsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menguraikan persentase-persentase pada setiap siklus. Berdasarkan analisis data, pada Pra – tindakan diperoleh hasil angket siswa sebanyak 1 siswa (2,5%) yang memiliki motivasi tinggi, 12 siswa (30%) yang memiliki motivasi sedang, dan 27 siswa (67,5%) yang memiliki motivasi rendah. Pada pasca Siklus II diperoleh hasil angket siswa sebanyak 36 siswa (90%) yang memiliki motivasi tinggi, 2 siswa (5%) yang memiliki motivasi sedang, dan 2 siswa (5%) yang memiliki motivasi rendah. Pada Siklus I pertemuan 1 diperoleh hasil observasi individu sebanyak 1 siswa (2,5%) tergolong tinggi, 4 siswa (10%) tergolong sedang, dan 35 siswa (87,5%) tergolong rendah. pada Siklus I pertemuan 2 diperoleh hasil observasi individu sebanyak 4 siswa (10%) tergolong tinggi, 5 siswa (12,5%) tergolong sedang, dan 31 siswa (77,5%) tergolong rendah. pada Siklus II pertemuan 1 diperoleh hasil observasi individu sebanyak 12 siswa (30%) tergolong sangat tinggi, 10 siswa (25%) tergolong tinggi, 9 siswa (22,5%) tergolong sedang, dan 9 siswa (22,5%) tergolong rendah. pada Siklus II pertemuan 2 diperoleh hasil observasi individu sebanyak 22 siswa (55%) tergolong sangat tinggi, 15 siswa (37,5%) tergolong tinggi, 3 siswa (7,5%) tergolong sedang, dan 0 siswa (0%) tergolong rendah pada mata pelajaran IPA. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka menggunakan model pembelajarn Round Club dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok penggolonggan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SD Negeri 101771 Tembung T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul195807091985011001
Call Number: SK-2017 PGSD 206
Keywords: Motivasi belajar IPA; Model Round Club
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Aug 2017 10:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25767

Actions (login required)

View Item View Item