PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X - AP SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Wahyudi, Mhd Indra (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X - AP SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7132141026 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7132141026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7132141026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7132141026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7132141026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7132141026 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7132141026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7132141026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7132141026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7132141026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7132141026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi. penelitian ini Tujuan Untuk Mengetahui hasil belajar korespondensi yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Negeri I Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Taman Siswa Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen I (X AP 2) dan eksperimen II (X AP 3) yang masing-masing populasinya terdiri dari 30 siswa dan diambil penarikan sampel masing-masing 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telas diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Project Based Learning = 38,83 dan 83,17 dan hasil rata-rata pre test dan post test model pembelajaran Problem Based Learning = 36,83 dan 78,17. Hipotesis penelitian ini diuji t dan diperoleh thitung sebesar 2,336 sedangakan ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu thitung > ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar korespondensi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi secara signitifikan dari pada hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X AP SMK Negeri I Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMutmainnah, Sri196901161993032002
Call Number: SK-2017 ADP 028
Keywords: Project Based Learning; Problem Based Learning; Hasil Belajar Korespondensi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5520 Office equipment and supplies
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Aug 2017 10:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25753

Actions (login required)

View Item View Item