MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN 104214 DELITUA

Noviyanti, Lisa (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SDN 104214 DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
01__COVE.PDF - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Other
02__LEMB.PDF - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Other
03__ABST.PDF - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Other
04__KATA.PDF - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Other
05__DAFT.PDF - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Other
06__DAFT.PDF - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Other
07_DAFTA.PDF - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Other
08__DAFT.PDF - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Other
09__BAB_.PDF - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Other
13__BAB_.PDF - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Other
14__DAFT.PDF - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis puisi bebas serta untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan gambar sebagai sumber belajar untuk siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penilaian menggunakan lembar observasi kreativitas siswa dan lembar kerja siswa. Teknik analisi data yang digunakan peneliti adalah analisi data kualitatif dan analisi data persentase. Subjek dalam penelitihan ini adalah siswa kelas Va SD Negeri 104214 Delitua tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 27 orang siswa. Berdasarkan analisi data ata-rata nilai saat pretes tema guru sebesar 43,9 dan meningkat menjadi 58,7 pada siklus I, kemudian pada hasil tes siklus II meningkat menjadi 71,1. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar mencapai 40,7% dan tingkat ketuntasan belajar klasikan sebesar 80% yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 85,2% dan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 80% atau dengan kata lain setelah dilakukan siklus II siswa secara keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar. Pada tema ibu diperoleh rata-rata nilai pada saat pretes 51,1 dan meningkat menjadi 60,4 pada siklus I, kemudian pada hasil tes siklus II meningkat menjadi 72,2. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 55,6% dan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 80% yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 81,4% dan tingkat dan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 80% atau dengan kata lain setelah diakukan siklus II siswa secara keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitihan di atas, dapat disimpulkan bahwa memanfaatkan gambar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis puisi di kelas Va SD Negeri 104214 Delitua T.A 2016/2017. Dengan demikian disarankan bagi guru untuk memanfaatkan gambar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGinting,, Masta19550525 198103 2 001
Thesis advisorErlinda, 195908171985032003
Call Number: SK-2017 PGSD 226
Keywords: Picture and picture;Kreativitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 10:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25725

Actions (login required)

View Item View Item