PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017

Harahap, Khoirunnisa (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133311048_COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133311048_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133311048_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133311048_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133311048_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133311048_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133311048_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133311048_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133311048_BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133311048_BAB V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133311048_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran tematik terhadap hasil belajar dengan yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur yang berjumlah 60 siswa, yang terbagi atas kelas IV-A sebanyak 30 siswa dan kelas IV-B sebanyak 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu dengan cara teknik random sampling, yaitu dengan memilih sampel secara acak yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai kelas kontrol. Sebelum penelitian dilakukan maka peneliti melakukan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Berdasarkan analisis data ditemukan kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran tematik diperoleh nilai pretest X = 42,38, S2 = 114,97 dan SD = 10,72, dan nilai post test X = 80,17, S2 = 1130,14 dan S = 11,30, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 89%. hasil analisis data kelas kontrol diperoleh X = 41, S2 = 110,91 dan S = 10,53, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 46%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dengan perolehan diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,226 > 2,002. Hal ini berarti terdapat pengaruh strategi pembelajaran tematik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas IV yang menggunakan strategi pembelajaran tematik dengan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSIMANJUNTAK, EVA BETTY19611026 198703 2 001
Call Number: SK-2017 PGSD 227
Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK, HASIL BELAJAR, MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 10:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25717

Actions (login required)

View Item View Item