PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) POKOK BAHASAN ALAT UKUR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SEI RAMPAH

Nababan, Friady (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) POKOK BAHASAN ALAT UKUR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SEI RAMPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. 5113122014 COVER.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. 5113122014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. 5113122014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. 5113122014 PREVACE.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. 5113122014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. 5113122014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. 5113122014 TABLES.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. 5113122014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. 5113122014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5113122014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 5113122014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur di kelas X TKR SMK Negeri 1 Sei Rampah T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sei Rampah yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKR 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen pada model Problem Based Learning. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 53,73 dan kelas kontrol adalah 50,67 kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran kontekstual pada kelas eksperimen dan pembelajaran ekspositori pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 80.00 dan kelas kontrol 68,04. Dari hasil uji t diperoleh thitung 6,59 sedangkan ttabel dengan α = 0,05 dan dk = 58 adalah 1,671 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi alat ukur di kelas X TKR SMK Negeri 1 Sei Rampah T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLisyanto,, 19660706 199303 1 002
Call Number: SK-2017 OTM 023
Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ268 Steam engineering > TJ603 Locomotives
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25691

Actions (login required)

View Item View Item