HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sarina Novita, Mariani (2017) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 2133311029 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 2133311029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 2133311029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 2133311029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 2133311029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 2133311029 TABLE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 2133311029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 2133311029 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2133311029 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2133311029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang diperoleh secara tidak langsung, melainkan melalui praktik yang banyak dan teratur. Salah satu cara agar terampil dalam menulis adalah dengan menguasai kosakata. Semakin kaya kosakata yang dimiliki, maka semakin besar kemungkinan terampil menulis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan; 2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan; dan 3) menguji hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan sebanyak 64 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) penguasaan kosakata siswa secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 72,71 dengan kategori baik; 2) kemampuan menulis teks cerita pendek siswa secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 79,38 dengan kategori baik; dan 3) ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan sebesar 0,689 dengan kategori keeratan korelasi kuat (rhitung= 0,689 pada taraf nyata α= 0,05 dengan N= 64, rtabel= 0,246, dan rh>rt). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan. Hal ini menunjukkan bahwa variabel penguasaan kosakata dapat menjadi prediktor yang baik bagi variabel kemampuan menulis cerita pendek. Sehingga penelitian ini mengindikasikan bahwa guru yang mengajar pelajaran Bahasa Indonesia harus mampu meningkatkan penguasaan kosakata untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimaremare, Rumasi19560315 198403 2 006
Thesis advisorHadi, Wisman19780201 200312 1 003
Call Number: SK-2017 IND 100
Keywords: penguasaan kosakata, kemampuan menulis teks cerita pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25683

Actions (login required)

View Item View Item