PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA

Siagian, Teddy Alfra (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146171086 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146171086 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146171086 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146171086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146171086 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146171086 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146171086 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146171086 PREFACE.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146171086 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146171086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146171086 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146171086 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146171086 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146171086 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146171086 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146171086 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8146171086 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8146171086 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146171086 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146171086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 2) kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 3) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan; 5) peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa SMA dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas X PIA 6 dan kelas X PIA 1 untuk melihat kepraktisan dan efektivitasnya. Dari hasil eksperimen I dan eksperimen II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,60; Buku Guru= 4,70; Buku siswa = 4,60; LAS = 4,60. Uji validitas tes kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis juga valid dengan reliabilitas tes kemampuan pemecahan masalah = 0,807 (tinggi) dan disposisi matematis = 0,83 (tinggi); 2) perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/paktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik; 3) Perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah memenuhi 80%; b) aktivitas siswa memenuhi kategori aktif karena masih dalam batas toleransi waktu ideal yang ditetapkan 5%; dan c) lebih 80% siswa memberikan respon positif terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran; 4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan sebesar 32,38%; 5) peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan sebesar 8,46. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran sehingga siswa lebih mudah dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Sia p
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Model 4-D; Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah; Disposisi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Aug 2017 09:33
Last Modified: 14 Aug 2017 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25639

Actions (login required)

View Item
View Item