PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DAN NHT DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN T.A 2016/2017

Sari, Gustin Maya (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DAN NHT DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133311017 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133311017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133311017 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133311017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133311017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133311017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133311017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133311017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133311017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4133311017 BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133311017 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4133311017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Medan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan NHT pada materi keliling dan luas bidang lingkaran di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebanyak 30 orang yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan kelas VIII-B sebanyak 30 orang yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 4 soal yang telah divalidkan oleh validator dan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data post-test kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data post-test diperoleh thitung = 3,191 sedangkan ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi keliling dan luas bidang lingkaran di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Call Number: SK-2017 MAT 070
Keywords: Eksperimen semu; Think Talk Write; Numbered Head Together
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Aug 2017 15:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25634

Actions (login required)

View Item View Item