HUBUNGAN KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN INTEGRITAS INSTITUSIONAL GURU DENGAN PRESTASI KERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SIBORONG-BORONG

Hutapea, Jonter (2007) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN INTEGRITAS INSTITUSIONAL GURU DENGAN PRESTASI KERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SIBORONG-BORONG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 045030388 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 045030388 Abstrak.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 045030388 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 045030388 Bab I.pdf - Published Version

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 045030388 Bab V.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 045030388 Dafatar Pustaka.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan kepemimpinan spiritual dengan prestasi kerja guru, hubungan integritas institusional dengan prestasi kerja guru, dan hubungan kepemimpinan spiritual dan integritas institusional guru secara bersama-sama dengan prestasi kerja guru.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional karena melihat hubungan antar variabel penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di empat SMP Negeri di Kecamatam Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara yang beriumlah 138 orang, clan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 57 6rang atau 41,30 % yang diambil dart populasi dengan menggunakan tcknik stratified proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk variabel kepemimpinan spiritual dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,890, integritas institusional guru dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,892, dan prestasi kerja guru dengan koefisien reliabilitas r11 = 0,869Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1). Terdapat hubungan positif yang berarti kepemimpinan spiritual dengan prestasi kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,8092 atau r = 0,6548 dan thitung = 10,21 > ttabel = 1,68 dengan dk = 55 pada taraf signifikansi a = 0,05, (2). Terdapat hubungan positif yang berarti integritas institusional guru dengan prestasi kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7698 atau r2 = 0,5926 dan thitung = 8,94 > tttabel = 1,68 dengan dk = 55 pada taraf signifikansi α = 0,05, (3). Terdapat hubungan positif yang berarti antara kepemimpinan spiritual dan integritas institusional guru secara bersama-sama dengan prestasi kerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,8390 atau R2 = 0,7039, dan sumbangan etektif sebesar 70,39 % yang berarti bahwa 70,39 % prestasi kerja guru dapat dijelaskan dengan variabel kepemimpinan spiritual dan integritas institusional guru secara bersama-sama melalui persamaan garis regresi ganda Y = 15,61 + 0,50X1 + 0,38X2.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Belferik19470151974121001
Thesis advisorYusnadi, 131689802
Call Number: 373.236 068 Hut h
Keywords: Prestasi kerja; Institusional guru; Kepemimpinan spiritual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2563

Actions (login required)

View Item View Item