SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DASAR (STUDI PELAKSANAAN SUPERVISI PADA SD NEGERI NO.060787 MEDAN

Yarmansyah, (2007) SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DASAR (STUDI PELAKSANAAN SUPERVISI PADA SD NEGERI NO.060787 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 045030479 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 045030479 Abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 045030479 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 045030479 Bab I.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 045030479 Bab V.pdf - Published Version

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 045030479 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengawas sekolah dalam melakukan supervisi di SD Negeri No.060787 Medan, untuk meningkatkan mutu sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mengarahkan fokus penelitian untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana pengawas sekolah melakukan supervisi perencanaan pembelajaran, interaksi belajar mengajar, dan avail asi pembelajaran di SD Negeri No.060787 Medan, 2) Bagaimana pengawas sekolah melakukan supervisi terhadap peningkatan kompetensi guru-guru SD Negeri No.060787 Medan, 3) Bagaimana pengawas sekolah melakukan supervisi pengelolaan manajemen SD Negeri No.060787 Medan, dalam upaya peningkatan mutu sekolah dasar.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data yang diperoleh di lapangan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan simpulan. Untuk keabsahan data maka digunakan teknik triangulasi.Penelitian ini berhasil mengungkap beberapa temuan yaitu : Pertarna, pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh pengawas sekolah terhadap perencanaan, interaksi belajar mengajar, dan evaluasi pembelajaran di SD Negeri No.060787 Medan, intensitasnya sudah cukup baik, namun belum efektif dan tepat sasaran. Hal ini disebabkan karena pihak sekolah dan pengawas sekolah tidak menjalankan sepenuhnya prinsip-prinsip manajemen terutama perencanaan, pengarahan dan pengawasan. Kedua, pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh pengawas sekolah terhadap peningkatan kompetensi guru-guru SD Negeri No.060787 Medan, belum cukup optimal, karena kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan tidak diikuti dengan program tindak lanjut seperti monitoring dan evaluasi. Ketika, pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh pengawas sekolah terhadap pengelolaan manajemen sekolah dalam upaya menjadikan sekolah bermutu sudah cukup efektif dan bervariasi, namun dikarenakan sumber daya sekolah yang begitu terbatas terutama dalam hal sumber daya manusia, sumber dana, sarana dan prasarana serta fasilitas yang dimiliki, tidak mendukung untuk mewujudkan sekolah bermutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorSukirno, 19541211987031001
Call Number: 371.203 Yar s
Keywords: Pengawas; Sekolah; Supervisi pendidikan; Pembelajaran; Administrasi pendidikan; Sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item View Item