PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEMAJEMUKAN INDONESIA BERDASARKAN KONSTITUSI NEGARA (STUDI KASUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017)

Chairun Nikmah, Siregar (2017) PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEMAJEMUKAN INDONESIA BERDASARKAN KONSTITUSI NEGARA (STUDI KASUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 3133311001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 3133311001 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 2. 3133311001 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 3133311001 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 3. 3133311001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 3133311001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4. 3133311001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 3133311001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 5. 3133311001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 3133311001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. 3133311001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 3133311001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 7. 3133311001 DAFTAR BAGAN.pdf]
Preview
Text
7. 3133311001 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 8. 3133311001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8. 3133311001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 9. 3133311001 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 3133311001 BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 13. 3133311001 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 3133311001 BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 14. 3133311001 LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
14. 3133311001 LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang
kemajemukan Indonesia berdasarkan konstitusi negara (Studi Kasus di SMP
Negeri 2 Selesai Tahun Pembelajaran 2016/2017). Adapun metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu suatu
cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan
berdasarkan penelitian di lapangan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP
Negeri 2 Selesai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Selesai yang berjumlah 105 siswa. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini ditetapkan secara acak sederhana (random sampling) sebanyak 25%
dari 105 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Selesai yang berjumlah 27 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan penyebaran
angket. Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel
frekuensi (statistic sederhana).Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang kemajemukan Indonesia sudah
cukup baik dengan persentase 88,17%. Tercermin dari sikap siswa yang saling
menghargai dan saling menghormati guru dan teman yang berbeda agama, peduli
terhadap teman yang lain, saling tolong-menolong tanpa membeda-bedakan suku,
agama dan budaya, tidak memilih-milih dalam berteman sudah dilaksakan dengan
sebaik-baiknya.Dengan adanya penelitian ini, dapat diketahui bahwa siswa sudah
memahami keberagaman agama, suku, ras, antar golongan dan budaya yang ada
di Indonesia. Pemahaman siswa tentang kemajemukan Indonesia adalah siswa
diharapkan dapat merealisasikan sikap toleransi terhadap setiap suku, agama, ras
maupun budaya yang berbeda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Sehingga akan tercipta kerukunan dan terhindar dari konflik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PKN 055
Uncontrolled Keywords: kemajemukan, konstitusi, toleransi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 10:34
Last Modified: 15 Aug 2017 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25606

Actions (login required)

View Item
View Item