KONTRIBUSI KEPUASAN KERJA GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PROFESIONALITAS MENGAJAR GURU SMK BISNIS DAN MANAJEMEN NEGERI MEDAN

Pasaribu, Tironi (2007) KONTRIBUSI KEPUASAN KERJA GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PROFESIONALITAS MENGAJAR GURU SMK BISNIS DAN MANAJEMEN NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 045030408 Pengantar.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 045030408 Abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 045030408 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 045030408 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 045030408 Bab V.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 045030408 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepuasan kerja guru dan kecerdasan emosional terhadap profesionalitas mengajar guru, balk secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional.PointIasi penelitian ini adalah seluruh Guru SMK Bisnis dan Manajemen Negeri Medan berjunilah 91 orang, kernudian diambil sampel secara proportional random sampling sebagai subjek penelitian sebanyak 72 orang guru. Dalam penelitian ini digunakan lembar observasi untuk menggali data profesionalitas mengajar, dan angket dengan bentuk skala likert untuk mengali kepuasan kerja guru dan kecerdasan emosional. Selanjutnya sebelum instrurnen digunakan, terlebth dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas terhadap kepuasan kerja guru dan kecerdasan emosional digunakan rumus korelasi product moment dengan kriteria valid jika rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5 %. Selanjutnya uji reliabilitas angket kepuasan kerja guru dan kecerdasan emosional digunakan minus Alpha Croonbach. Untuk mengetahui reliabilitas mbar observasi profesionalitas mengajar digunakan rumus inter rater dengan minus Anava sate arahinstrumen kepuasan kerja guru yang valid diperoleh 40 butir dengan koefisien reliabilitas 0,91. Instrumen kecerdasan emosional yang valid 45 butir dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,93.Untuk mengetahui kontribusi variabel babas terhadap variabel terikat terlebih dahulu digunakan analisis korelasi sederhana dengan minus korelasi product moment, sedangkan untuk mengetahui hubungan secara bersama-sama antara kepuasan kerja guru, kecerdasan emosional dengan profesionalitas mengajar digunakan rumus korelasi Banda, dan dilanjutkan analisis parsial. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan: (1) Terdapat kontribusi kepuasan kerja guru terhadap profesionalitas mengajar dari Guru SMK Bisnis dan Manajemen Negeri Medan (rxiy - 0,526 > rt = 0,227), dan kontribusinya sebesar 23,915%. (2) Terdapat kontribusi kecerdasan emosional terhadap profesionalitas mengajar dari Guru SMK Bisnis dan Manajemen Negeri Medan (rx2y = 0,476 > rt = 0,227), dan kontribusinya sebesar 18,691 %. (3) Terdapat kontribusi kepuasan kerja, dan kecerdasan emosional terhadap profesionalitas mengajar dari Guru SMK Bisnis dan Manajemen Negeri Medan (Ry. 1,2= 0,653), dan (Fh = 26,724 > Ft = 3,13), dengan kontribusi kedua variabel sebesar 42,6%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPelly, Usman130215071
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: 371.12 Pas k
Keywords: Mengajar; Kepuasan kerja; Profesionalitas; Kecerdasan emosional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2558

Actions (login required)

View Item View Item