PERBEDAAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) PADA SISWA KELAS XI TKR SMK PAB 1 HELVETIA T.A 2016/2017

Fahrud, din (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) PADA SISWA KELAS XI TKR SMK PAB 1 HELVETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
00. NIM 5122122003 LEMBAR PENGESAHAN DAN TIDAK PELAGIAT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. NIM 5122122003 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5122122003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5122122003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 5122122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5122122003 TABLE.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5122122003 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5122122003 APENDICES.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5122122003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5122122003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5122122003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Perbedaan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Problem Based Learning terhadap hasil belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan siswa kelas XI SMK PAB 1 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Purpose Sample yaitu kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 33 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas Eksprimen II yang berjumlah 33 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Cntextual Teaching And Learning, sedangkan kelas Eksprimen II diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan menggunakan Problem Based Learning pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI SMK PAB 1 Helvetia. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 9,8308 > 1,998 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Problem Based Learning terhadap hasil belajar Pemeliharan Mesin Kendaraan Ringan siswa kelas XI SMK Pab 1 Helvetia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIndra, Koto197702122003121004
Call Number: SK-2017 OTM 024
Keywords: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 10:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25573

Actions (login required)

View Item View Item