PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KENDFARAAN RINGAN (TKR I) SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN

M. Rizki, Ardiansyah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KENDFARAAN RINGAN (TKR I) SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5101121010 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5101121010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5101121010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5101121010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5101121010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5101121010 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 101121010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5101121010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5101121010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 101121010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata diklat pengelasan kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan (TKR I) SMK Negeri 2 panyabungan T.A. 2016/2017. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 40 siswa, objek dalam penelitian ini adalah proses belajar mengajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses mata diklat pengelasan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan post tes siklus I yang berbentuk tes mata diklat pengelasan. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 40 orang siswa terdapat 27 siswa yang telah lulus yaitu sebesar 67,50% dengan nilai rata-rata 75.925. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya post tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 40 orang siswa terdapat 35 siswa yang telah lulus yaitu sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata 80.625. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat pengelasan di SMK Negeri 2 Panyabungan tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSelamat, Triono195812081984031001
Call Number: SK-2017 MSN 068
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25557

Actions (login required)

View Item View Item