HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN MANAJEMEN SEKOLAH DAN PEMBINAAN GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KECAMATAN MEDAN PETISAH

Martianna, (2007) HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN MANAJEMEN SEKOLAH DAN PEMBINAAN GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KECAMATAN MEDAN PETISAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 035030379 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 035030379 Abstrak.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 035030379 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 035030379 Bab I.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 035030379 Bab V.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 035030379 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) hubungan pelaksanaan manajemen sekolah oleh kepala sekolah dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran, (2) hubungan pembinaan guru oleh kepala sekolah dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran, dan (3) hubungan antara pelaksanaan manajemen kepala sekolah dengan pembinaan guru oleh kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Medan Petisah Kota Medan.Populasi penelitian ini adalah semua guru SD Negeri di Kecamatan Medan Petisah yang berjumlah sebanyak 140 orang dan tersebar di 15 SD Negeri. Untuk ini yang menjadi sampel penelitian diambil secara proporsional acak berstrata, yaitu dengan berdasarkan tingkat pendidikan guru yang terdiri atas sarjana dan non sarjana. Adapun sampel berjumlah 60 orang. Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan terhadap responden yang bukan sampel penelitian, yakni guru-guru yang berada di Kecamatan Medan Petisah sebanyak 30 orangMetode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara pelaksanaan manajemen sekolah oleh kepala sekolah dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran denga koefisien korelasi sebesar 0,61 dengan persamaan regresi Y = 15,44 + 0,41X1; (2) terdapat hubungan antara pembinaan guru oleh kepala sekolah dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran dengan koefisien korelasi sebesar 0,63 dengan persamaan regresi Y = -4,82 + 0,61X2; (3) terdapat hubungan antara pelaksanaan manajemen sekolah dan pembinaan guru oleh kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,53. dengan persamaan regresi Y = 19,57 + 0,17X1 + 0,22X2.Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen sekolah dan pembinaan guru oleh kepala sekolah memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Dengan demikian disarankan kepada para pengambil kebijakan bahwasanya untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah dalam mengelola pembelajaran, komponen yang mesti dilibatkan oleh para kepala sekolah adalah pelaksanaan manajemen dan pembinaan guru oleh kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Call Number: 372.068 Mar h
Keywords: Kinerja; Guru; Manajemen sekolah; Kepala sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item