PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPTENSI PEDAGOGIK GURU TK DI KECAMATAN RANTAU UTARA T.A 2016/2017

Erliana, Harahap (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPTENSI PEDAGOGIK GURU TK DI KECAMATAN RANTAU UTARA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133113009_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133113009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133113009_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133113009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133113009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133113009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133113009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133113009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133113009_BAB I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133113009_BAB V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133113009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah Kurangnya pemahaman guru terhadap kompetensi pedagogik, Jenjang pendidikan guru TK yang masih lulusan SMA/Sederajat, Kurangnya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru TK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru TK. Kompetensi pedagogik guru merupakan suatu kompetensi atau kemampuan yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi ini memiliki peranan yang penting terhadap kegiatan pelaksanaan belajar mengajar di sekolah. Dengan memiliki kemampuan atau kompetensi ini dapat menghasilkan kinerja yang baik terhadap perkembangan anak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru yaitu kepala sekolah, dimana kepala sekolah harus memiliki kemampuan kepemimpinan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK di Kecamatan Rantau Utara, yang berjumlah sebanyak 40 orang yang terdiri dari 10 kepala sekolah dan 30 guru. Teknik pengujian dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas, dan homongenitas. Variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan nilai Ltabel < Lhitung (0,1413 < 0,28) pada taraf signifikan 0,05 dapat disimpulkan bahwa berdistribusi normal dan variabel kompetensi pedagogik berdistribusi normal karena nilai Ltabel < Lhitung (0,1174 < 0,161). F, maka Fhitung = 1,538 kemudian dibandingkan dengan Ftabel = 1,75 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan demikian jika Fhitung < Ftabel (1,538 < 1,75) maka dapat disimpulkan bahwa data homogen thitung > ttabel (2,229>2,042) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan karena pengaruh kepemimpinan kepala sekolah TK terhadap kompetensi pedagogik guru TK di Kecamatan Rantau Utara T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNas, riah195712271984032003
Call Number: SK-2017 PAUD 065
Keywords: KEPEMIMPINAN, KEPALA SEKOLAH, PEDAGOGIK GURU
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712 Developmental psychology
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25519

Actions (login required)

View Item View Item