PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA AS-SYAFI'IYAH MEDAN T.P 2016/2017

Amny Sarah, Barus (2017) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA AS-SYAFI'IYAH MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133341037 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133341037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133341037 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133341037 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133341037 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133341037 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133341037 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133341037 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133341037 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM. 7133341037 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM. 7133341037 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA AS-Syafi’iyah Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA AS-Syafi’iyah Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA AS-Syafi’iyah Medan yang beralamat di Jl. Karya Wisata II No. 1 Kec. Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA AS-Syafi’iyah yang terdiri dari dua kelas dengan siswa berjumlah 61 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan Cluster Random Sampling, yaitu sebanyak 53 orang siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan studi dokumentasi (DKN). Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F dan Koefisien Determinasi . Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel pemanfaatan sumber belajar ( ) diperoleh > (2,521 > 1,675) dengan alpha 0,05 (5 %). Hal ini berarti pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Untuk variabel motivasi belajar ( ) diperoleh > (3,116 > 1,675) dengan alpha 0,05 (5 %). Hal ini berarti motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara dengan . Berdasarkan uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel (38,323 > 3,18) dengan alpha 0,05 (5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pemanfaatan sumber belajar ( ) dan motivasi belajar ( ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Dari analisis tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA AS-Syafi’iyah Medan T.P 2016/2017 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEko Wahyu, Nugrahadi196407031991031005
Call Number: SK-2017 EKO 093
Keywords: Pemanfaatan Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25516

Actions (login required)

View Item View Item