UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN DENGAN MODEL TIME TOKEN PADA KELAS V SDN 060910 MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2016/2017

Shar, fina (2010) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN DENGAN MODEL TIME TOKEN PADA KELAS V SDN 060910 MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123311070_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123311070_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123311070_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123311070_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123311070_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123311070_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123311070_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123311070_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123311070_BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123311070_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123311070_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah motivasi belajar PKn dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Time Token pada materi pokok upaya menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia kelas V di SDN 060910 Medan Denai Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa check-list motivasi belajar siswa dan dilakukan dalam dua siklus. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V dan objeknya yaitu model pembelajaran time token. Hasil penelitian dari lembar observasi motivasi belajar siswa diketahui bahwa pada siklus I pertemuan I diperoleh hanya 1 orang yang termotivasi dengan persentase 3,57% dan sebanyak 4 orang cukup termotivasi dengan persentase 14,28% serta 23 orang masih belum termotivasi dengan persentase 82,14%. Pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan yaitu 4 oorang menjadi telah termotivasi dengan persentase 14,29% dan 11 orang cukup termotivasi dengan persentase 39,29% selebihnya sebanyak 13 orang belum termotivasi. Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus II pertemuan I sebanyak 2 orang sangat termotivasi dengan persentase 7,14%, 16 orang telah termotivasi dengan persentase 57,14% dan 10 orang cukup termotivasi. Sedangkan pada siklus II pertemuan II sebanyak 6 orang telah sangat termotivasi dengan persentase 21,43% dan 22 orang termotivasi dengan persentase 78,57%. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru unutk menerapkan model Time Token ketika proses pembelajaran berlangsung agar siswa memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai dengan baik. Maka dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan upaya menjaga keutuhan NKRI dengan menggunakan model time token di SD Negeri 060910 Kec.Medan Denai telah mengalami perubahan dan peningkatan dibandingkan sebelum dilakukan penerapan model ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDemmu, Karo-Karo195810071985011001
Call Number: SK-2017 PGSD 232
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25503

Actions (login required)

View Item View Item