PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A. 2016/2017

Bincar, Nababan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik Pada siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas siswa X TIPTL semester genap SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X TIPTL A sebagai kelas Kontrol dengan jumlah sebanyak 36 siswa dan X TIPTL B sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah sebanyak 36 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda (4 pilihan) sebanyak 35 soal. Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik. Nilai rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 83,25 dan kelas kontrol sebesar 76,194. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05 diperoleh kelas ekperimen Lhitung<Ltabel = 0,0885<0,147 dan kelas kontrol 0,1368<0,147 maka data berdistribusi normal. Dan uji homogenitas Fhitung (Varian Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol)<Ftabel =1,192< 1,76 maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan model pembelajaran konvensional, dilihat dari thitung3,353> ttabel1,667 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima. Data tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik Siswa Kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJongga, Manullang196802051992031002
Call Number: SK-2017 ELK 046
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25492

Actions (login required)

View Item View Item