PENGGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS ANGKASA LANUD SOEWONDO MEDAN TAHUN PELAJRAN 2016/2017

Miswari Fathurrahman, Nasution (2017) PENGGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS ANGKASA LANUD SOEWONDO MEDAN TAHUN PELAJRAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123341069 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123341069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123341069 PREFACE.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123341069 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123341069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123341069 TABLES.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123341069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123341069 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7123341069 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123341069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Pemasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Angkasa Lanud Soewondo Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Lanud Soewondo Medan Kelas XI IPS yang terletak di Jl. Polonia Ujung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Angkasa Lanud Soewondo Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 36 orang, dimana kelas XI IPS 1 berjumlah 18 orang dan kelas XI IPS 2 berjumlah 18 orang dengan jumlah sampel seluruh siswa kelas XI IPS. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan angket (kuesioner). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20,0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 14,283 + 0,486X1 + 0,325X2 + e, selanjutnya ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh nilai t- hitung> t-tabel yaitu 8,008 > 1,692 dan ada pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh nilai t-hitung> t-tabel yaitu 5,604 > 1,692. Kemudian, ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi berdasarkan uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai F-hitung> F-tabel yaitu 39,537 > 3,29. Sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel penggunaan sumber belajar (X1) dan variabel Kemandirian belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) adalah sebesar 70,6 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDede, Ruslan196507041990031002
Call Number: SK-2017 EKO 095
Keywords: PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item View Item