PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN KOLOID

Anggi, Tamalia (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4132131001 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4132131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4132131001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4132131001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4132131001 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4132131001 TABLES.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4132131001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4132131001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4132131001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4132131001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4132131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning dan Inkuiri Terbimbing pada pokok bahasan Koloid. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA NEGERI 10 MEDAN T.A. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA NEGERI XI SMA NEGERI TA. 2016/2017 Semester Genap Kurikulum 2013. Sampel ditetapkan dengan random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,862). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa, siswa yang dibelajarkan dengan model Project Based Learning dengan rata-rata hasil belajar 87,19 lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan rata-rata hasil belajar 81,09. (2) Terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa, siswa yang dibelajarkan dengan model Project Based Learning dengan rata-rata nilai aktivitas siswa 78,25 lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing yaitu dengan rata-rata nilai aktivitas siswa 73,50. (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan korelasi tinggi yaitu rhitung=0,63.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJas, midi196511041991031002
Call Number: SK-2017 KIM 093
Keywords: Project Based Learning; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Aktivitas Siswa, Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25483

Actions (login required)

View Item View Item