PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017

Eka, Susilawati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4132121005 COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4132121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4132121005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4132121005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4132121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4132121005 TABLE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4132121005 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4132121005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4132121005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4132121005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4132121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok fluida statis. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 29 kelas dengan jumlah siswa 725 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dan didapatkan kelas X TGB-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TPTU-1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 21 orang. Sebelum pembelajaran dilakukan pretes kepada kedua kelas, kemudian dilaksanakan model pembelajaran Scientific Inquiry pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah selesai pembelajaran dilakukan postes untuk kedua kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay keterampilan proses sains materi fluida statis dengan jumlah soal 15 item dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 36,53 dan kelas kontrol adalah 38,62. Hasil uji kesamaan pretes kedua kelas pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung = -1,130, ttabel = 2,021, maka dapat diketahui kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilaksanakan model pembelajaran Scientific Inquiry pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian di kedua kelas dilakukan postes. Untuk nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 78,38 dan kelas kontrol adalah 73,95. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% dengan thitung = 2,042 dan ttabel = 2,021 menunjukkan keterampilan proses sains siswa dengan model Scientific Inquiry lebih tinggi dari pada keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran langsung. Selain itu, dari hasil observasi didapatkan rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen adalah 66,7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan keterampilan proses sains siswa kelas kontrol sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJuru Bahasa, Sinuraya1960013001986011002
Call Number: SK-2017 FIS 176
Keywords: Scientific Inquiry;keterampilan proses sains;fluida statis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25475

Actions (login required)

View Item View Item