PENGARUH PEMBERIAN JUS JAMBU BIJI MERAH TERHADAP KADAR HAEMOGLOBIN DAN VO2MAX PADA AKTIVITAS FISIK MAKSIMAL

Sinaga, Fajar Apollo (2016) PENGARUH PEMBERIAN JUS JAMBU BIJI MERAH TERHADAP KADAR HAEMOGLOBIN DAN VO2MAX PADA AKTIVITAS FISIK MAKSIMAL. In: Seminar Nasional Keolahragaan 2016, 31 Oct 2016, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Aktifitas fisik dapat menyebabkan peningkatan produksi radikal bebas yang dapat mengakibatkan penurunan antioksidan sehingga mempengaruhi performance atlet akibat terjadi sport anemia. Radikal bebas dapat dicegah atau dikurangi dengan pemberian antioksidan. Telah diketahui buah jambu biji merah mengandung berbagai jenis antioksidan alami tetapi belum pernah diteliti khasiatnya untuk mengurangi produksi radikal bebas yang dipicu oleh aktifitas fisik. Tujuan penelitian adalah mengetahui efek pemberian jus jambu biji merah terhadap kadar haemoglobin dan VO2max atlet pada aktifitas fisik maksimal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Pretest-Postest Design. Penelitian dilaksanakan di Stadion Universitas Negeri Medan dan Laboratorium Fisiologi FIK UNIMED. Penelitian dilakukan selama 3 bulan. Populasi dan sampel penelitian adalah mahasiswa Ilmu Keolahragaan sebanyak 20 orang yang memenuhi kriteria yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian dilakukan pengukuran kadar Haemoglobin dan VO2Max saat pre test dan post test. Hasil analisis data diperoleh bahwa pemberian jus jambu biji merah selama menjalani program latihan dapat meningkatkan kadar Hb dan VO2max pada aktifitas fisik maksimal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Antioksidan; Hemoglobin; Aktivitas fisik maksimal; Jambu biji merah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV435 Physical measurements. Physical tests, etc.
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA601 Food and food supply in relation to public health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA773 Personal health and hygiene
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25437

Actions (login required)

View Item View Item