PENERAPAN MODEL THINK - TALK - WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 104214 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017

Simamora, Linanda (2017) PENERAPAN MODEL THINK - TALK - WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 104214 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
01. COVER LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK  LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR  LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI  LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR GAMBAR  LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR DIAGRAM  LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR DIAGRAM LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 09. DAFTAR LAMPIRAN  LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
09. DAFTAR LAMPIRAN LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I  LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
10. BAB I LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V  LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
14. BAB V LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA  LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA LINANDA SIMAMORA (NIM 1133311002).pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Tujuan peneliti ini adalah penerapan model think – talk – write (ttw) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pelajaran bahasa indonesia di kelas IV SD Negeri 104214 kedai durian, untuk mengetahui keefektifan penerapan model think – talk – write (ttw) dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 104214 kedai durian dan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui model model think – talk – write (ttw) pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 104214 kedai durian. Penelitian ini dilakasanakan di kelas IV SD Negeri 104214 kedai durian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 104214 Kedai Durian T.A 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas SD Negeri 104214 Kedai Durian yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 11 orang laki – laki dan 21 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan observasi. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan penelitian siklus I dengan menggunakan model think – talk – write (ttw) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menulis karangan narasi, maka pada siklus I terdapat 5 orang siswa yang sangat terampil dengan presentase (15,62%) 2 siswa yang terampil dengan presentase (6.25%) 7 siswa yang cukup terampil dengan presentase (21,87%) 18 siswa yang kurang terampil dengan presentase (51,25%) Rata-rata nilai belajar siswa adalah (63.13%). Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal 21 siswa yang sangat terampil dengan presentase (65,52%) 2 siswa yang terampil dengan presentase (6.25%) 5 siswa yang cukup terampil dengan presentase (15,62%) 4 siswa yang kurang terampil dengan presentase (12,15%). Dengan nilai rata – rata (79,38%).
Dari tindakan siklus I siklus II tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model think – talk – write (ttw) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pelajaran bahasa indonesia dalam materi karangan narasi di kelas IV SD Negeri 104214 Kedai Durian. Pengajar disarankan dapat menerapkan model think – talk – write (ttw) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 193
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis; Karangan narasi; Model think-talk-write
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2017 10:11
Last Modified: 09 Aug 2017 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25422

Actions (login required)

View Item
View Item