PENGARUH STRATEGI INSTRUKSIONAL DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI SMA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN

Lely, Lestari (2007) PENGARUH STRATEGI INSTRUKSIONAL DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI SMA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045020309 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045020309 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (781kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045020309 Abstrak.pdf] Text
2. 045020309 Abstrak.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 3. 045020309 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 045020309 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. 045020309 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 045020309 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 045020309 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 045020309 Bab V.pdf - Published Version

Download (955kB) | Preview
[thumbnail of 6. 045020309 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 045020309 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bahasainggris antara siswa yang diajar dengan strategi instruksional kooperatif dan siswayang diajar dengan strategi instruksional individual. mengetahui perbedaan hasilbelajar bahasa inggris antara siswa dengan penguasaan kosakata tinggi dan siswadengan penguasaan kosakata rendah. mengetahui apakah ada interaksi antarastrategi instruksional dengan penguasaan kosakata dalam mempenuaruhi hasilbelajar bahasa inggris.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMALaksamana Martadinata Medan. sedangkan sampel diambil sebanyak 2 kelassecara cluster random sampling. Penelitian dilakukan pada semester Ill TahunAjaran 2006/2007. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimendengan rancangan Faktorial 2 X 2. teknik analisis data menggunakan ANAVAX 2. Penguasaan kosakata siswa diukur dengan menggunakan tes yang dirancangoleh peneliti. Tes hasil belajar bahasa inggris menggunakan tes berbentuk uraiansebanyak 40 butir dan memiliki reliabilitas 0.88 menggunakan rumus KR-20.Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa siswa yang diajar deng.anmenggunakan strategi instruksional individual memiliki hasil belajar bahasainggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar denganmenggunakan strategi instruksional kooperatif. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung5,495 > F label = 3,90 pada taraf signifikan α = 0,05. Siswa yang memilikipenguasaan kosakata tinggi memiliki basil belajar bahasa inggris lebih tinggidibandingkan dengan siswa yang memiliki penguasaan kosakata rendah. Hal iniditunjukkan oleh F hitung =78,33 > F tabel = 3,90 pada taraf signifikan α = 0,05dengan dk = (1,96), dan terdapat interaksi antara strategi instruksional danpenguasaan kosakata terhadap hasil belajar bahasa inggris siswa. Hal ini dapatditunjukkan oleh F hitung =23,28 > F tabel = 3,90 pada taraf signifikan α = 0,05. Ujilanjut menggunakan uji Scheffe yang membuktikan bahwa siswa yang memilikipenguasaan kosakata tinggi yang diajar dengan menggunakan strategiinstruksional individual memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkandengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi instruksional kooperatif.Sedangkan siswa yang memiliki penguasaan kosakata rendah memperoleh hasilbelajar bahasa inggris lebih tinggi jika diajar dengan strategi instruksionalkooperatif dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi instruksionalindividual.Adapun simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa strategiinstruksional individual memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap hasilbelajar bahasa inggris dibandingkan dengan penggunaan strategi instruksionalkooperatif, sementara hasil belajar siswa yang memiliki penguasaan kosakatatinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki penguasaan kosakata rendah. Dan terdapat interaksi antara strategi instruksion 11 dan penguasaan kosakata terhadap hasil helajar bahasa inggris.Diharapkan hash penelitian ini dapat bermanfaat dalam pengembanganilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Lel p
Uncontrolled Keywords: Strategi Instruksional; Hasil Belajar; Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 15 Jun 2016 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item
View Item