PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Sapta, Andy (2007) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 045020238 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 045020238 abstrak.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 045020238 daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 045020238 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 045020238 bab V.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 045020238 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yangdiajar dengan menggunakan media pembelajaran komputer lebih tinggi dari basil belajarsiswa yang diajar dengan dengan media pembelajaran film/video, mengetahui apakah hasilbelajar matematika siswa yang berpersepsi positif pada pelajaran matematika lebih tinggidari basil belajar matematika siswa yang berpersepsi negatif pada pelajaran matematika,serta mengetahui apakah ada interaksi antara media pembelajaran dengan persepsi siswapada pelajaran matematika dalam mempengaruhi hasil belajar matematika.Populasi dalarn penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) SMA Harapan I Medan,sedangkan sampel diambil sebanyak 2 Ow) kelas dengan metode random sampling.Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2006/2007. Metode penelitian yangdilakukan adalah quasi eksperimen dengan rancangan fakrotial 2 x 2, teknik analisa datamenggunakan ANAVA 2 x 2. Persepsi siswa pada pelajaran matematika diukur denganmenggunakan angket sebanyak 30 butir pertanyaan. Tes hasil belajar matematikamenggunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 option sebanyak 20 butir soal danmemiliki reabilitas 0,70 dengan menggunakan rumus Sperman Brown.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakanmedia pembelajaran komputer memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggidibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaranfilm/video, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 368,62 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan&#945; = 0,05. Siswa yang berpersepsi positif pada pelajaran matematika memiliki hasil belajarmatematika lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang berpersepsi negatif padapelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 18,01 > Ftabel = 3,98 pada tarafsignifikan &#945;= 0,05. Hasil penelitian menyatakan tidak terdapat interaksi antara mediapembelajaran dengan persepsi siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajarmatematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung=3,99 < Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan &#945;= 0,05.Penggunaan media pembelajaran komputer kepada siswa yangberpersepsi positif pada pelajaran matematika maupun siswa yang berpersepsi negatif padapelajaran matematika memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibanding hasilbelajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran film/video.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031014
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Call Number: 371.33 And p
Keywords: Persepsi Siswa; Media Pembelajaran; Hasil Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2540

Actions (login required)

View Item View Item