PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA

Lumbantoruan, Murni Suryani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133131038 COVER_doc.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133131038 LEMBAR PENGESAHAN_doc.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133131038 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133131038 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133131038 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133131038 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133131038 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133131038 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133131038 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133131038 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133131038 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya interaksi model pembelajaran {PBL (Problem Based Learning) dan Inkuiri Terbimbing}dan motivasi terhadap hasil belajar siswa dan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran yang bervariasi, demikian juga ada perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi yang berbeda. Motivasi dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu motivasi belajar siswa yang tinggi dan motivasi belajar siswa yang rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Lintongnihuta. Teknik pengambilan data siswa dilakukan secara Random. Dalam penelitian ini digunakan rancangan ANAVA (faktorial) 2 x 2, yang berarti ada dua faktor yang diteliti yaitu faktor model pembelajaran dan faktor motivasi belajar. Data yang diamati adalah hasil belajar kimia yang diperoleh dengan pemberian post-tes dengan menggunkan soal pilihan berganda sebanyak 15 item yang sudah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Data yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitasnya, selanjutnya uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis ragam. Hasil hipotesis menunjukkan Fhitung < Ftabel yaitu Fhitung (AB) = 0,0053 sedangkan Ftabel = 4,02; maka Ho diterima berarti : (1) tidak ada interaksi model pembelajaran {PBL (Problem Based Learning) dan Inkuiri Terbimbing}dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia. Tetapi terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar ditunjukkan dengan kontribusi motivasi terhadap hasil belajar kelas eksperimen I (PBL) sebesar 85,7% sedangkan kontribusi motivasi terhadap hasil belajar kelas eksperimen II (inkuiri terbimbing) sebesar 95,46%. Disisi lain hasil penelitian menunjukkan (2) ada perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran yang bervariasi pada materi hukum dasar kimia ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel (4,026 > 4,02) , demikian juga penelitian menghasilkan (3) ada perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi yang berbeda pada materi hukum dasar kimia karena Fhitung > Ftabel (4,52 > 4,02).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmalis, 195704271989032001
Call Number: SK-2017 KIM 165
Keywords: Hasil belajar kimia; Model PBL (Problem Based Learning); Model Inkuiri Terbimbing; Motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Aug 2017 11:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25380

Actions (login required)

View Item View Item