PENGARUH PEMBERIAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PERSIAPAN PELAKSANAAN KONTSRUKSI BATU DAN BETON PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHALIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTA

Simbolon, Samuel Robert Jes (2017) PENGARUH PEMBERIAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PERSIAPAN PELAKSANAAN KONTSRUKSI BATU DAN BETON PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHALIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5103311032 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5103311032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5103311032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5103311032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5103311032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5103311032 TABLES.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5103311032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5103311032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5103311032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5103311032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5103311032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran persiapan pelaksanaan konstruksi batu dan beton pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Prosedur perlakuan dikemas ke dalam RPP. Dimana perlakuan pada kelas eksperimen KBB-1 menggunakan media power point sedangkan pada kels kontrol KBB-2 menggunakan pembelajaran tanpa media power point.Peneliti menggunakan tes objektif sebanyak 22 soal, yang mana sebelumnya tes ini ada 30 soal, akan tetapi setelah diuji cobakan pada kelas XI di luar sampel penelitian untuk melihat kesahian tes, terdapat 22 soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan reliabilitas soal sebesar 0,8958. Dalam uji normalitas pre-test dan pos-test pada kelas aktivitas diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, sehingga distribusi dinyatakan normal. Pada uji normalitas dua varians pada aktivitas maka didapatkan hasil Fhitung < Ftabel 1,73 < 1,95, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar kedua kelas juga memiliki varians yang sama atau homogen.Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil bahwa, setelah kelas media power point dikenai perlakuan dengan pembelajaran tanpa media power point, nilai thitung dikonsultasikan dengan t tabel pada db = 58 dan α = 0,05, diperoleh harga ttabel = 1,846. thitung = 1,878 > ttabel = 1,846, maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima bahwa pembelajaran tanpa media power point memberi pengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar mata pelajaran persiapan pelaksanaan konstruksi pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi. Peneliti menggunakan tes objektif sebanyak 22 soal, yang mana sebelumnya tes ini ada 30 soal, akan tetapi setelah diuji cobakan pada kelas XI di luar sampel penelitian untuk melihat kesahian tes, terdapat 22 soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan reliabilitas soal sebesar 0,8958. Dalam uji normalitas pre-test dan pos-test pada kedua kelas diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, sehingga distribusi dinyatakan normal. Pada uji normalitas dua varians maka didapatkan hasil 1,63 < 1,84, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar kedua kelas juga memiliki varians yang sama atau homogen. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa, hasil kelas dengan media power point dikenai perlakuan dengan pembelajaran dengan media power point, nilai thitung dikonsultasikan dengan t tabel pada db = 58 dan α = 0,05, diperoleh harga ttabel = 1,679, berarti thitung = 4,36 > ttabel = 1,679, maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima bahwa pembelajaran menggunakan media power point memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar persiapan pelaksanaan konstruksi pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutagaol, Parlaungan196008071986011001
Call Number: SK-2017 BAN 040
Keywords: Media power point; Aktivitas; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH3301 Maintenance and repair
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Aug 2017 11:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25374

Actions (login required)

View Item View Item