PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED DALAM MENGURANGI EMOSI NEGATIF SISWA DI KELAS VIII BENJAMIN SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sinabutar, Butet (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED DALAM MENGURANGI EMOSI NEGATIF SISWA DI KELAS VIII BENJAMIN SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133151007_COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133151007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133151007_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133151007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133151007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133151007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133151007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133151007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133151007_BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133151007_BAB V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133151007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered dalam mengurangi emosi negatif siswa di kelas VIII- Benjamin SMP Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered dalam mengurangi emosi negatif siswa di kelas VIII-Benjamin SMP Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2016/ 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan one group pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas VIII- Benjamin yang memiliki emosi negatif yang tidak dapat dikendalikan, yang akan diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered. Hasil analisis diperoleh data pre-test siswa rata-rata = 70,42 termasuk kategori tinggi dan standart deviasi (SDx) = 11,47 , sedangkan hasil data post-test rata-rata = 111 termasuk kategori rendah dan Standart Deviasi (SDy) = 4,39 Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji wilcoxon (J) yang memperoleh hasil Jhitung = 13 sedangkan harga Jtabel = 2. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 7, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 2. Oleh karena J (13 > 2). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel. Oleh karena itu, dinyatakan ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered dalam mengurangi emosi negatif siswa di kelas VIII- Benjamin SMP Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata lain hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNuraini, 1995906201986092001
Call Number: SK-2017 BK 033
Keywords: Konseling kelompok; Pendekatan client centered; Mengurangi emosi negatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Aug 2017 11:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25370

Actions (login required)

View Item View Item