PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN BOLA KECIL TERHADAP KETERAMPILAN GERAK MANIPULATIF PADA ANAK TUNAGRAHITA SEKOLAH LUAR BIASA PEMBINA TAHUN AJARAN 2016/2017

Sinaga, Khairunnisa (2017) PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN BOLA KECIL TERHADAP KETERAMPILAN GERAK MANIPULATIF PADA ANAK TUNAGRAHITA SEKOLAH LUAR BIASA PEMBINA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
1_NIM_61.PDF - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Other
2_NIM_61.PDF - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other
3_NIM_61.PDF - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Other
4_NIM_61.PDF - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Other
5_NIM_61.PDF - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Other
6_NIM_61.PDF - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7_NIM_61.PDF - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Other
8_NIM_61.PDF - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Other
9_NIM_61.PDF - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Other
13_NIM_6.PDF - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Other
14_NIM_6.PDF - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak manipulatif lempar tangkap untuk anak tunagrahita dengan menggunakan modifikasi permainan lempar tangkap.pada siswa kelas XI SMALB-C Pembina Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 fase yaitu baseline A-1, Intervensi, Baseline A-2. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMALB- C Pembina Medan yang berjumlah 8 Siswa yang terdiri dari 5 putera dan 3 puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar modifikasi dan tes hasil belajar yang berbentuk aplikasi pembelajaran gerak dasar manipulatif dengan menerapkan modifikasi “menyebrangkan bola, lempar target” Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1). Pada Baseline A-1, dari 8 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata belum ada siswa yang tuntas dengan persentase(224,96%) Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 28,12. (2). Pada fase Intervensi, ternyata 4 orang siswa (426.25%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 53,25. Pada fase Baseline A-2, ternyata semua siswa sudah di nyatakan lulus dengan persentase (656%) nilai rata yang di peroleh mencapai 82. Berdasarkan hal diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan modifikasi permainan lempar tangkap dapat meningkatkan hasil belajar gerak manipulatif anak tunagrahita di SLB Pembina Medan T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSARI S.P.d, M.P.d, IKA KUSUMA198308282008122003
Call Number: SK-2017 PJKR 079
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25345

Actions (login required)

View Item View Item