KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XII SMK SWASTA MARISI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sitohang, Nopita Hastuti (2017) KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XII SMK SWASTA MARISI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2133311017 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2133311017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2133311017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2133311017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2133311017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2133311017 TABLES.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2133311017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2133311017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2133311017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2133311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang hasil kemampuan menulis surat resmi: studi kasus pada siswa kelas XII SMK Swasta Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menulis surat resmi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, (1) bagaimana kemampuan siswa menulis surat resmi ditinjau dari aspek struktur surat. (2) bagaimana kemampuan siswa menulis surat resmi ditinjau dari aspek pilihan kata. Permasalahan tersebut diteliti di SMK Swasta Marisi Medan. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 30 siswa dengan Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah bentuk tes uraian (essay) dan pedoman penilaian surat resmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis surat resmi:studi kasus pada siswa kelas XII SMK Swasta Marisi Medan tergolong kedalam kategori cukup yang didasarkan dua kriteria penilaian yaitu dari aspek struktur dan aspek pilihan kata yang mencakup ketepatan kata dan kesesuaian kata. Kemampuan menulis surat resmi berdasarkan aspek struktur memperoleh skor (74,32) kategori cukup. Hal tersebut terlihat dari kelengkapan bagian-bagian surat dan penulisan yang baik. Untuk aspek pilihan kata memperoleh skor (59,60) kategori kurang. Hal tersebut terlihat dari ketepatan kata dan kesesuaian kata. Hasil analisis kemampuan menulis surat resmi berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menulis surat resmi menunjukkan pada kategori sangat baik (3,33%), kategori baik (43,33%), kategori cukup (30%), kategori kurang (16,66%) dan kategori sangat kurang (6,66). Melalui penelitian ini harapannya guru bahasa Indonesia khususnya guru bahasa Indonesia di SMK Swasta Marisi Medan dapat mengetahui kemampuan siswa terkhusus dalam menulis surat resmi. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka guru dapat lebih memperhatikan kekurangan siswa dalam menulis surat resmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman19780201 200312 1 003
Call Number: SK-2017 IND 088
Keywords: Kemampuan Menulis, Menulis Surat, Surat Resmi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25325

Actions (login required)

View Item View Item