PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANIMASI FLASH BERWAWASAN CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL

Ummami, Riza (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANIMASI FLASH BERWAWASAN CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131131041 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131131041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131131041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131131041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131131041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131131041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131131041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131131041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131131041 BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4131131041 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4131131041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan animasi flash berwawasan chemo-edutainment terhadap peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa serta hubungan antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan bentuk Pretest-Postest dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran. Sampel dalam penelitian adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah soal pilihan ganda, sedangkan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji t, uji n-gain dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang nyata dari kedua kelas (thitung > ttabel). Uji n-gain pada hasil belajar menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki n-gain 72,6% pada kategori tinggi dan 60% pada kategori sedang. Aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 81,57%, siswa dalam kategori aktif sampai sangat aktif sedangkan kelas kontrol sebesar 74,72%. Sedangkan uji korelasi antara aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,654 > 0,329 berarti ada korelasi positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan model Problem Based Learning dengan animasi Flash berwawasan chemo-edutainment pada materi Konsep Mol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNur, fajriani196709022005022004
Call Number: SK-2017 KIM 097
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25314

Actions (login required)

View Item View Item