PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID

Siregar, Fauzatul Imtihani (2017) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4131131020 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4131131020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4131131020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4131131020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4131131020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4131131020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4131131020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4131131020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4131131020 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4131131020 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4131131020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan T.A. 2016/ 2017 menggunakan rancangan penelitian Control Group Pretes- Postes. Populasi pada penelitian ini berjumlah 320 siswa yang terdiri dari kelas XI MIA 1 s/d XI MIA 8. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak karena siswa memiliki kemampuan awal yang sama. Kelas Eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa soal objektif untuk menilai hasil belajar siswa dan instrumen nontes berupa lembar observasi untuk menilai aktivitas belajar siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pihak kanan serta analisis regresi dan korelasi pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Project Based Learning berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Rata- rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 84,9 dengan rata- rata aktivitas 71,9, sedangkan rata- rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 77,6 dengan rata- rata nilai aktivitas belajar 68,75. Berdasarkan analisis regresi dan korelasi aktivitas terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas dan hasil belajar dengan koefisien korelasi 0,801 serta besarnya kontribusi aktivitas terhadap hasil belajar siswa sebesar 64,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNur, fajriani196709022005022004
Call Number: SK-2017 KIM 104
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Project Based Learning; Pendekatan Science, Environment, Technology, Society (SETS)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25306

Actions (login required)

View Item View Item