PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

Rambe, Risa Febiola (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4131131020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4131131020 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4131131020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4131131020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4131131020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4131131020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4131131020 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4131131020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4131131020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4131131020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4131131020 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4131131020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4131131020 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4131131020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4131131020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4131131020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4131131020 BAB I PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4131131020 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4131131020 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4131131020 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4131131020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4131131020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) menggunakan media kartu soal
terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui hubungan dari
kedua variabel tersebut.Pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik
random sampling dengan mengambil kelas eksperimen diberi pembelajaran
dengan model dan media dan kelas kontrol diberi pembelajaran Konvensional
masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif
berupa pilihan ganda berjumlah 20 soal dan non tes beupa lembar observasi yang
telah diujicobakan.Data hasil belajar siswa kedua kelompok sampel homogen dan
berdistribusi normal. Hasil belajar eksperimen dan kontrol yaitu 80,4 dan 70,7.
Rata-rata aktivitas belajar siswa Kelas ekperimen dan kontrol yaitu 80,39 dan
72,06. Uji hipotesis I dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak dan
diperoleh thitung 6,04 dengan demikian thitung > ttabel maka Ha diterima yakni ada
pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT dengan media kartu
soal terhadap hasil belajar siswa. Uji hipotesis II diperoleh harga thitung > ttabel
(4,78 > 1,998), dengan demikian Ha diterima yakni ada pengaruh pembelajaran
dengan Model kooperatif tipe NHT dengan media kartu soal terhadap aktivitas
siswa. Uji hipotesis III diperoleh Fhit =123,17 sedang Ftabel = 1,8, karena Fhit >
Ftabel maka Terima Ha berarti: ada hubungan yang linier dan signifikan antara
aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model
Pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu soal pada Materi Hukumhukum
Dasar Kimia di kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 105
Uncontrolled Keywords: NHT; Kartu Soal; Hasil Belajar; Aktivitas; Hukum-hukum Dasar Kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:32
Last Modified: 09 Aug 2017 02:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25305

Actions (login required)

View Item
View Item