PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SMP) BUDI MURNI 1 MEDAN

Sianturi, Rina (2012) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SMP) BUDI MURNI 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 061188230039 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061188230039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061188230039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061188230039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061188230039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061188230039 BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061188230039 BAB V.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 061188230039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar matematika yang diajar dengan pendekatan pembelajaran realistik lebih tinggi dan pendekatan pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang memiliki locus of control internal dan siswa yang memiliki locus of control eksternal, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan locus of control siswa dalam mempengaruhi hasil belajar matematika.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Budi Murni 1 Medan terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa 160 orang. Sampel penelitian ditetapkankelas VII-A dilaksanakan pembelajaran realistik dan kelas dilaksanakanpembelajaran pendekaan ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 37 butir dengan koefisien reliabilitas 0,974. Untuk menjaring data locus of control digunakan angket yang beijumlah 29 butir yang diadposi dari Rotter. Sebelum teknik analisis ini digunakan terlebih dahulu diuji persyaratan analisis yaitu normalitas dan homogenitas data. Uji normalitas diuji dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas diuji dengan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil penelitian diperoleh : (1) siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran realistik memperoleh hasil belajar matematika lebih tinggi dan siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran ekspositori diperoleh F h = 29,57 >F iab„= 3,968, (2) hasil belajar siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki locus of control eksternal diperoleh F hitrorg = 4,43 > F tab,/ = 3,968, dan (3) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan locusof control dalam memberikan pengaruh terhadap basil belajar matematika diperoleh Fhnung = 7,18 > F te, = 3,968.Dari basil analisis data disimpulkan bahwa secara umum hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan realistik lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran ekspositori. Apabila dilihat dan karakteristik siswa, hasil belajar siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki locus of control eksternal. Siswa yang memiliki karakteristik locus of control internal, pendekatan pembelajaran yang tepat digunakan adalah pendekatan realistik dan siswa dengan karakteristik locus of control eksternal, pendekatan pembelajaran yang tepat digunakan adalah pendekatan ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru matematika yaitu dalam penerapan pendekatan pembelajaran harus dalam harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik locus of control.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
UNSPECIFIEDSitompul, Harun196007051986011001
Call Number: 371.3 Sia p
Keywords: Pembelajaran, Locus of Control; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2527

Actions (login required)

View Item View Item