PENGARUH MEDIA E-LEARNING DAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P 2016/2017

Ambarita, Dame (2017) PENGARUH MEDIA E-LEARNING DAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7133342012 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7133342012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7133342012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7133342012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7133342012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7133342012 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7133342012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7133342012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7133342012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7133342012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7133342012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media e-learning dan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak yang beralamat di Jl. Pertahanan Ujung Kec. Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Patumbak yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 72 orang dan seluruhnya menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel bebas dan studi dokumentasi (DKN) untuk variabel prestasi belajar. Angket media e-learning dinyatakan reliabel dengan alpha cronbach 0,952 dan 0,907 angket kurikulum 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, determinasi R2, untuk mengukur pengaruh secara parsial digunakan uji T, dan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 21.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 45.212 + 0,235X1 + 0,255X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel media e-learning (X1) memiliki pengaruh signifikan karena titung > ttabel yaitu 2,547 > 1,667. Dan variabel kurikulum 2013 (X2) memiliki pengaruh signifikan karena titung > ttabel yaitu 2,343 > 1,667. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap Y, hal ini terlihat dari hasil perhitungan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 18,679 > 3,13. Persentase sumbangan media e-learning dan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35,1%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan media e-learning terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan media e-learning dan kurikulum 2013 secara simultan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Sondang Aida19790114200812005
Call Number: SK-2017 AKT 115
Keywords: Media E-Learning, Kurikulum 2013, dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25267

Actions (login required)

View Item View Item