PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN (PDTB) PADA SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Efendi, Asnan (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN (PDTB) PADA SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5122111002 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5122111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5122111002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5122111002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5122111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5122111002 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5122111002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5122111002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 5122111002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5122111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuib peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas x bidang keahlian teknik bangunan SMK Negeri 2 Panyabungan dalam mata diklat pengetahuan dasar teknik bangunan serta untuk mendekripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata siswa 68,32. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata –rata siswa menjadi 85,44. Untuk skor aktivitas siswa pada siklus I rata – rata 62,35 dan pada siklus ke II meningkat menjadi 82,65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar (PBM) dan yang keduan dapat meningkatkan hasil belajar mata diklat pengetahuan dasar teknik bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSutrisno, 197010072008121002
Call Number: SK-2017 BAN 039
Keywords: Problem Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH3301 Maintenance and repair
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Aug 2017 10:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25246

Actions (login required)

View Item View Item