PENGARUH PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DAN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA PANCA BUDI MEDAN T.P. 2016-2017

Ardilla, Delyafani (2017) PENGARUH PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DAN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA PANCA BUDI MEDAN T.P. 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7133141016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133141016 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 77133141016 APPROVAL SHELT.pdf]
Preview
Text
2. NIM 77133141016 APPROVAL SHELT.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7133141016 FREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7133141016 FREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7133141016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7133141016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7133141016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7133141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7133141016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7133141016 TABLES.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7133141016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7133141016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7133141016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7133141016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7133141016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7133141016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133141016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133141016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7133141016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7133141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar para siswa kelas X SMA Panca Budi Medan T.P 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Sosial Media dan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Panca Budi Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Panca Budi Medan yang beralamat di Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Sei Sikambing Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Panca Budi Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 166 orang siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka dilakukan pengumpulan data dengan penyebaran angket kepada siswa untuk mengetahui penggunaan sosial media dan game online yang akan mempengaruhi minat belajar mereka. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel X1 (sosial media) dan X2 (game online) terhadap variabel Y (minat belajar) adalah regresi linear berganda, kemudian untuk mengetahui besar pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y menggunakan determinasi dan pengujian hipotesis menggunkan uji “t” secara parsial dan uji “F” secara simultan. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus regresi linear berganda, diperoleh persamaan garis linear Y = 31,94 + 0,384 X1 + 0,286 X2. Besarnya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y dihitung dengan Determinasi dan diperoleh hasil besar pengaruh variabel X terhadap Y adalah 58,6%. Hipotesis secara parsial diuji dengan uji “t” diperoleh hasil thitung masing-masing variabel X1 dan X2 adalah 4,143 dan 4,380 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 95% atau alpha 5% sebesar 1,990 thitung > ttabel (4,143 > 1,990) dan (4,380 > 1,990) serta jika dibandingkan taraf signifikan dengan α sebesar 0,05 diperoleh (0,000 < 0,05). Hipotesis secara simultan diuji dengan uji “F” diperoleh hasil Fhitung sebesar 56,517 lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikan 95% sebesar 3,31 (56,517 > 3,31) dan jika dibandingkan taraf signifikan dengan α sebesar 5% = 0,05 diperoleh hasil (0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis yang menyatakan “terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara penggunaan sosial media dan game online terhadap minat belajar siswa Kelas X SMA Panca Budi Medan” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 101
Keywords: Sosial media; Game online; Minat belajar siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology > HM1176 Social influence. Social pressure
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Aug 2017 10:13
Last Modified: 17 Apr 2018 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25238

Actions (login required)

View Item
View Item