PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Silalahi, Herlin (2017) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
1.NIM 7132141046 COVER.PDF - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Other
2.NIM 7132141046 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Other
3.NIM 7132141046 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Other
4.NIM 7132141046 ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Other
5.NIM 7132141046 DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Other
6.NIM 7132141046 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7.NIM 7132141046 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Other
8.NIM 7132141046 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Other
9.NIM 7132141046 BAB 1.PDF - Published Version

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Other
13.NIM 7132141046 BAB 5.PDF - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Other
14.NIM 7132141046 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 5 Jalan cucak rawa II No.3 Perumnas Mandala Kabupaten Deli Serdang, dengan populasi dalam penelitian ini sebanyak 167 orang siswa sampel yang diambil sebanyak 83 orang siswa dengan teknik simpel random sampling.dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner.Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji validtas angket dan reliabelitas angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda ,uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial(uji t) dan uji secara simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendapatan orang tua terhadap prestasi prestasi belajar IPS siswa dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 3,024 > 1,664. 2.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antar lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 2,853 > 1,664. 3.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendapatan orang tua dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa dibuktikan dengan nilai Fhitung >Ftabel atau 11,052 > 3,11. Besarnya sumbangan dan antara variable bebas terhadap variable terikat yang diperoleh melalui perhitungan Koefisien determinasi yaitu sebesar 0,216 yang artinya sekitar 21,6 % prestasi belajar IPS siswa (Y) dipengaruhi oleh pendapatan orang tua (X1) dan lingkungan sekolah (X2). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendapatan orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasibuan, Marusul195303151980031007
Call Number: SK-2017 EKO 102
Keywords: Pendapatan Orang Tua; Lingkungan Sekolah; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25198

Actions (login required)

View Item View Item