IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) TERINTEGRASI MEDIA PADA POKOK BAHASAN KOLOID

Angraini, Rina (2017) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) TERINTEGRASI MEDIA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133331056 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133331056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133331056 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133331056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133331056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133331056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133331056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133331056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133331056 BAB 1.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133331056 BAB V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133331056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terintegrasi media bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa, serta hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI MAN 1 Medan. Populasi yakni seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 8 (delapan) kelas. Sampel ditetapkan dengan random sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 24 soal dan reliabel (0.948). Sedangkan, data untuk aktivitas pengajuan pertanyaan, memberikan jawaban, menyampaikan pendapat, mendengarkan dan kerjasama siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang telah valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terintegrasi media Powerpoint, Macromedia Flash, dan Audio-visual (video) data yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 43,636 dengan Ftabel =1,113. Untuk media yang lebih baik adalah kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terintegrasi media Audio-visual (video) dibandingkan kedua media lainnya yakni Audio-visual (video) > Macromedia Flash > Powerpoint dengan rata-rata nilai yang diperoleh : 89,77 > 79,33 > 71,80. Implemetasi model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terintegrasi media Powerpoint, Macromedia Flash, dan Audio-visual (video) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam materi koloid, maka didapat hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar yakni model kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terintegrasi Powerpoint = 13,18%, Macromedia Flash = 13,72%, dan Audio-visual (video) = 16,94%, sisanya dipengaruhi variabel yang lain. Kesimpulan dari penelitian ; ada perbedaan hasil belajar kimia menggunakan model kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terintegrasi media serta adanya hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: SK-2017 KIM 137
Keywords: Powerpoint; Macromedia Flash; Audio Visual (Video); Kooperatif; Student Teams Achievement Division (STAD);Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25195

Actions (login required)

View Item View Item