PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK

Hartono, Febri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5103131013 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 5103131013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5103131013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5103131013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5103131013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5103131013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5103131013 TABLE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5103131013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 5103131013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5103131013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 5103131013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group To Group Exchange terhadap hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik pada siswa kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TITL 1 dan kelas X TITL 2, yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 35 butir. Hasil pengujian pre-test sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (49,625) dengan standar deviasi 8,0535 dan skor rata-rata di kelas kontrol (47,875) dengan standar deviasi 8,3955. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan strategi Group To Group Exchange dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran menggunakan strategi ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan post-test, diperoleh nilai post-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (81,125) dengan standar deviasi 8,3207 dan kelas kontrol (76,875) dengan standar deviasi 7,8571. Dari hasil pengolahan data post-test diperoleh bahwa thitung = 2,068 dan ttabel = 1,667. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu model pembelajaran Group To Group Exchangememberikan hasil belajar pada pelajaranmenguasai teori dasar elektronikayang lebih tinggidaripadapembelajaranmenggunakan strategi ekspositori pada siswa kelas X TITLSMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Jongga19680205.199203.1.002
Call Number: SK-2017 ELK 044
Keywords: Dasar elektromekanik; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item